Search

KTT Perdamaian Ukraina Mendorong Swiss Yang Netral Ke Arah Pelukan Barat

Aulanews.id – ZURICH – KTT perdamaian Ukraina yang akan datang, yang dianggap sebagai upaya paling ambisius selama bertahun-tahun oleh Swiss yang netral untuk menengahi konflik besar, malah menunjukkan bagaimana kepentingan ekonomi dan keamanan Swiss semakin selaras dengan Eropa Barat dibandingkan dengan Rusia.

Dilansir dari berita Reuters yang diterbitkan pada 10 Mei 2024, hal ini merupakan pandangan dari pendukung Swiss mengenai kerja sama yang lebih erat dengan negara-negara Barat dan penentang nasionalis yang mengatakan Swiss meninggalkan tradisi netralnya dan harus membatasi ruang lingkup keterlibatan asing.

Rusia belum diundang ke perundingan tanggal 15-16 Juni yang berlangsung di resor tepi danau dekat pusat kota Lucerne, yang disetujui Swiss pada bulan Januari untuk menjadi tuan rumah atas perintah Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy.

Baca Juga:  Belasan Positif Covid-19 di Debarkasi, Jemaah Haji Diimbau Tetap Tenang dan Patuhi Prokes

Daripada mengakhiri perang, KTT tersebut siap untuk berupaya mengurangi risiko yang berasal dari invasi Moskow ke Ukraina dan upaya mengisolasi Rusia, menurut diplomat Barat dan pakar kebijakan luar negeri Swiss.

“Ini adalah tentang menopang Ukraina daripada membangun jembatan untuk perdamaian segera,” kata Daniel Woker, mantan duta besar Swiss untuk Australia, Singapura dan Kuwait.

Menanggapi permintaan komentar Reuters, Kementerian Luar Negeri Swiss mengatakan netralitas Swiss “konstan” dan tidak akan diubah oleh konferensi tersebut.

“Tetapi bersikap netral bukan berarti bersikap acuh tak acuh,” tambahnya dalam pernyataan itu. “Swiss mengutuk keras agresi Rusia terhadap Ukraina. Di luar bidang militer, hak netralitas tidak menghalangi solidaritas dan dukungan terhadap Ukraina dan rakyatnya.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Jam di telepon seluler menunjukkan pukul 16.25 WIB. Di tengah kepungan Bobotoh yang memadati Jalan Sulanjana, Kota Bandung, tepat di depan Graha PERSIB hingga Balubur Town Square (Baltos),...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist