Search

Korban Tewas Di Gaza: Berapa Banyak Warga Palestina Yang Terbunuh?

Aulanews.id – Otoritas kesehatan Palestina mengatakan bahwa serangan darat dan udara Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 35.000 orang, sebagian besar warga sipil, dan membuat sebagian besar dari 2,3 juta orang di daerah kantung tersebut mengungsi dari rumah mereka.

Dilansir dari berita Reuters yang diterbitkan pada 14 Mei 2024, perang dimulai pada 7 Oktober ketika militan Hamas menyerbu melintasi perbatasan menuju komunitas-komunitas Israel. Israel mengatakan bahwa para militan tersebut menewaskan lebih dari 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyeret 253 orang ke dalam tahanan di Gaza.

Penjelasan ini mengkaji bagaimana jumlah korban tewas dari pihak Palestina dihitung, seberapa dapat diandalkan, rincian jumlah warga sipil dan pejuang yang terbunuh, dan apa yang dikatakan masing-masing pihak.

Baca Juga:  Di Gaza, anak-anak kelaparan mengisi bangsal rumah sakit sebagai pondok kelaparan

BAGAIMANA OTORITAS KESEHATAN GAZA MENGHITUNG JUMLAH KORBAN TEWAS?

Pada bulan-bulan pertama perang, jumlah korban tewas dihitung sepenuhnya dari penghitungan mayat yang tiba di rumah sakit dan data termasuk nama dan nomor identitas sebagian besar korban tewas.

Seiring dengan berlanjutnya konflik, dan semakin sedikitnya rumah sakit dan kamar mayat yang beroperasi, pihak berwenang pun menggunakan metode lain.

Laporan Kementerian Kesehatan pada tanggal 7 Mei menyebutkan jumlah keseluruhan korban sebanyak 34.844 orang. Dikatakan bahwa 21.058 dari jumlah kematian tersebut dihitung dari mayat-mayat yang dilaporkan oleh rumah sakit yang tiba di kamar mayat. Sebanyak 3.715 lainnya adalah kematian yang dilaporkan secara online oleh anggota keluarga yang harus memasukkan informasi termasuk nomor identitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Volker Tรผrk, Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB, menyuarakan kengeriannya atas semakin banyaknya korban jiwa warga sipil di wilayah kantong yang dilanda perang tersebut. โ€œGambar-gambar dari kamp itu...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist