Search

Ketua Pengungsi PBB mendesak Dewan Keamanan untuk ‘meningkatkan’ bantuan bagi jutaan orang yang terlantar akibat perang

Aulanews.id – Filippo Grandi mengatakan jumlahnya saat ini mencapai 114 juta. “Bulan depan kami akan update angka ini. Akan lebih tinggi,” tambahnya.

Grandi mengenang pengarahan terakhirnya kepada para duta besar tujuh bulan lalu, ketika ia berbagi pandangannya mengenai beberapa krisis di seluruh dunia.

Ketidakpatuhan terhadap hukum internasionalDia mengatakan situasinya tidak berubah, dan bahkan bertambah buruk, karena pihak-pihak yang bertikai tidak mematuhi hukum kemanusiaan internasional.

“Pihak-pihak yang berkonflik – semakin banyak, di mana pun, hampir semuanya – tidak lagi menghormati aturan dasar perang, dan terkadang bahkan berpura-pura melakukannya,” katanya.

“Warga sipil yang terbunuh semakin banyak; pemerkosaan dan bentuk-bentuk kekerasan seksual lainnya digunakan sebagai senjata perang; infrastruktur sipil terhantam dan hancur; pekerja kemanusiaan menjadi sasaran.”

Baca Juga:  Rambut Gondrong Belah Tengah Jungkook Di-Roasting Member BTS

konflik GazaGrandi mencatat bahwa karena pelanggaran-pelanggaran ini, warga sipil tidak punya pilihan lain selain melarikan diri karena teror.

“Apa yang terjadi di Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober lalu, dan selama serangan Israel, adalah contohnya,” lanjutnya.

Ketua Pengungsi PBB menambahkan suaranya kepada mereka yang telah mendesak Dewan untuk segera melakukan gencatan senjata, pembebasan sandera, dimulainya kembali bantuan kemanusiaan secara penuh, dan kembalinya proses perdamaian yang sesungguhnya.

Melawan ‘eksodus paksa’Sambil menjunjung tinggi hak universal untuk mencari suaka, ia mengatakan bahwa “dalam kasus ini, terdapat juga – dan khususnya – kewajiban hukum internasional dari negara pendudukan untuk tidak memaksa penduduk sipil meninggalkan wilayah yang mereka duduki.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo hadir pada acara Olympic Day 2024 di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (22/6) siang. Menteri Pemuda dan Olahraga...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist