Search

Kepala Hak Asasi Manusia PBB dan para ahli independen mengecam undang-undang ‘agen asing’ baru di Georgia

Aulanews.id – Undang-Undang Transparansi Pengaruh Asing mewajibkan media, organisasi non-pemerintah (LSM) dan organisasi nirlaba lainnya untuk mendaftar sebagai “mengejar kepentingan kekuatan asing” jika mereka menerima lebih dari 20 persen pendanaan mereka dari luar negeri. Itu diadopsi pada hari Selasa.

Pengadopsian tersebut telah memicu protes di ibu kota, Tbilisi, dan dikecam oleh oposisi Georgia sebagai upaya untuk menindak media independen, masyarakat sipil, aktivis hak asasi manusia, dan kritikus pemerintah.

Efek dinginVolker Türk, Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB, mengatakan bahwa dalam mengadopsi undang-undang tersebut, pihak berwenang dan anggota parlemen “memilih untuk mengabaikan” peringatan yang disampaikan oleh para pembela hak asasi manusia dan masyarakat sipil.

Baca Juga:  Gelombang Panas Membara di Afrika Barat: Alarm Krisis Iklim

“Sayang sekali dampaknya terhadap hak kebebasan berekspresi dan berserikat di Georgia sekarang risikonya menjadi signifikan”dia memperingatkan.

Persyaratan pendaftaran juga dapat menimbulkan dampak buruk bagi mereka yang bekerja demi kebebasan sipil dan secara signifikan membatasi aktivitas mereka, tambah Türk.

“Menahan suara yang beragam mengenai hal-hal yang merupakan kepentingan publik hanya akan mempersulit kemampuan Pemerintah untuk merespons secara efektif berbagai tantangan yang dihadapi negara ini melalui langkah-langkah legislatif dan kebijakan yang baik,” katanya.

Jaminan rusakSementara itu, para ahli hak asasi manusia independen juga mengecam penerapan undang-undang tersebut, yang menurut mereka terjadi meskipun ada jaminan setelah penarikan undang-undang serupa tahun lalu.

RUU tersebut ditarik pada bulan Maret 2023, menyusul protes berskala besar, dan pada bulan November, pejabat senior pemerintah dan anggota parlemen meyakinkan Pelapor Khusus PBB mengenai situasi pembela hak asasi manusia bahwa rancangan tersebut tidak akan diberlakukan kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – PERSIB kembali mengajak Bobotoh dan publik sepakbola Bandung untuk menghormati regulasi dan peraturan yang berlaku dengan menjaga diri dari perilaku buruk dan tindakan anarkis sebelum, selama dan setelah...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist