Search

Kemenag dan PBNU Sosialisasi Gelaran Forum Agama-agama dan Budaya ASEAN 2023

Aulanews.id – Kementerian Agama sosialisasikan gelaran ASEAN Intercultural and Interreligious Dialogue Conference (ASEAN IIDC) 2023. Event strategis ini akan menjadi salah satu terobosan penting Indonesia dalam menciptakan perdamaian, harmoni dan stabilitas kawasan ASEAN dan global, di mana agama mengambil peran yang penting dan signifikan.

Sosialisasi R20 menuju ASEAN IIDC 2023 untuk wilayah Indonesia Timur digelar di Surabaya, Jawa Timur dengan melibatkan peserta dari Papua, Bali, NTT NTB, Maluku, Sulawesi dan sebagian Kalimantan.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan event kerja sama Kementerian Agama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini dianggap strategis lantaran berkaitan dengan karakter bangsa dan negara Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan kepercayaan.

Baca Juga:  Tutup Sidang, DPR RI Soroti Tindak Pidana Pencucian Uang

“Bersamaan dengan itu, Indonesia kini menjadi ketua ASEAN 2023. Maka penting untuk menyelenggarakan forum Agama-agama dan Budaya untuk lingkup ASEAN. Namun untuk mencapai tujuan tersebut penting dilakukan persiapan yang matang pada internal Indonesia sebagai negara pelopor,” kata Kamaruddin Amin di Surabaya, Kamis (15/6/2023).

Menurut Kamaruddin Amin di Indonesia, diplomasi agama memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas, dialog dan perdamaian antar warga negara.

Ia menambahkan PBNU atas dukungan dari pemerintah hendak berinisiatif untuk mengadakan R20 dengan mengundang setidaknya 150 pemimpin agama-agama di ASEAN termasuk Indonesia. Sosialisasi ini melibatkan perwakilan pemimpin-pemimpin agama di Indonesia.

“Event ini diharapkan dapat menghasilkan draft konsensus-konsensus baru yang lebih maju dan memberi harapan lebih akan sustainabilitas dialog dan kerjasama serta perdamaian di kawasan ASEAN,” harap Guru Besar UIN Alauddin Makassar ini.

Aulanews.id – Penukaran e-ticket dengan gelang penanda pertandingan kandang terakhir PERSIB di regular series Liga 1 2023/2024 dilakukan di Kodim 0624 Jalan Raya Soreang Cipatik, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung Kamis,...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist