Search

Kebijakan Saudi, Jamaah Kloter Tambahan Istirahat Satu Malam di Madinah

Aulanews.id – Kebijakan pemerintah Kerajaan Arab Saudi agar jamaah haji cukup istirahat membuat pemerintah Indonesia mengubah rencana perjalanan kelompok terbang (kloter) kuota tambahan.

Semula 24 kloter tersebut langsung diberangkatkan ke Makkah setibanya di Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Kini mereka diinapkan lebih dahulu di Madinah.

Kepala Seksi Akomodasi Daerah Kerja (Daker) Madinah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Ali Machzumi, mengemukakan hal itu, ketika ditemui di Hotel Front Taibah, Madinah, Kamis (15/6/2023).

“Menurut informasi dari Kantor Urusan Haji di Jeddah memang kondisi jamaah yang sudah terbang sekitar 9 jam dari Indonesia, sehingga pemerintah Arab Saudi memberikan ketentuan untuk satu malam jamaah haji diistirahatkan atau ditransitkan di Kota Madinah,” papar Ali.

Meski ada perubahan rencana perjalanan tersebut, PPIH menjamin pemenuhan layanan jamaah secara penuh, mulai dari transportasi akomodasi, katering, hingga bimbingan ibadah. Ali pihaknya mempersiapkan hotel-hotel untuk tempat para jamaah kuota tambahan transit.

Baca Juga:  MEMPERBARUI LANGSUNG: Majelis Umum bertemu untuk membahas veto AS terhadap rancangan resolusi Gaza

Ia mengakui tidak mudah menyiapkan penginapan bagi para jamaah tersebut karena kondisi hotel di seputaran Masjid Nabawi rata-rata dalam kondisi penuh. Wilayah seputaran Nabawi disebut sebagai wilayah Markaziyah.

“Tentu kami akan menyiapkan sebaik-baiknya untuk jamaah haji. Kalau nanti di kemudian hari 1-2 hari ke depan apabila kondisinya di Markaziyah sudah tidak memungkinkan, kita akan carikan hotel di tempat lain yang sekiranya layak dan nyaman untuk jamaah haji kita,” papar Ali.

Pada hari pertama kedatangan kloter kuota tambahan di Madinah hari ini, Kamis (15/6), hanya ada satu kloter yang tiba, yakni kloter 21 embarkasi Balikpapan (BPN-21).

BALIKPAPAN – Penerapan Video Assistant Referee (VAR) sudah diimplementasikan di tiga tempat dilangsungkannya babak Championship Series BRI Liga 1 2023/24. Ketiganya adalah di Bali United Training Center, Gianyar pada Selasa...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist