Search

Jamaah Haji Wajib Tahu, Hukum Pakai Minyak Angin Saat Ihram

Sigid Kurniawan/MCH 2024

Aulanews.id, MAKKAH – Pelaksanaan salah satu ritual haji yakni Ihram memiliki beberapa larangan yang bisa menggugurkan ibadah tersebut, namun banyak jamaah haji yang belum mengetahuinya.

Beberapa hal yang dilarang dilakukan oleh calon jamaah haji saat sedang ber diantaranya tidak boleh memakai wewangian.

Akan tetapi wewangian apa saja yang dilarang, apakah termasuk parfum, deodorant, bahkan minyak angin?

Salah satu petugas Bimbingan Ibadah (Bimbad) Daker Makkah PPIH Arab Saudi, KH Moqsith Ghazali menjelaskan, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh orang yang sedang ihram.

Sigid Kurniawan/MCH 2024

“Misalnya orang yang sedang ihram tidak boleh memakai wewangian, padahal di luar jam itu dibolehkan. Apa yang dimaksud dengan wewangian ya misalnya parfum itu tidak dibolehkan,” ujat Kiai Moqsith di Kantor Daker Makkah, Selasa (28/5/2024).

Baca Juga:  Kemenag Siapkan Empat City Bus per Maktab untu Murur

:Tapi hal-hal yang tidak dimaksudkan sebagai wewangian, misalnya sabun atau minyak angin atau balsem itu dibolehkan bagi yang memerlukan,” ucap dia.

Alumnus Ponpes Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo ini menjelaskan, wewangian itu mutlak tidak dibolehkan saat ihram berdasarkan penjelasan dari baginda Nabi Muhammad SWW.

“Jadi tidak bolehnya memakai wewangian itu bukan pandangan fikih para ulama, tapi itu adalah penjelasan syariat melalui nabi,” kata dia.

Selain memakai wewangian, lanjut dia, jamaah yang sudah miqat dan akan melakukan umrah wajib juga dilarang untuk memakai pakaian yang berjahit.

“Itu larangan juga. Makanya orang yang sedang ihram itu bagi laki laki pakaiannya khas sekali. Tapi bagi perempuan boleh menggunakan pakaian biasa,” jelas Kiai Moqsith.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo hadir pada acara Olympic Day 2024 di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (22/6) siang. Menteri Pemuda dan Olahraga...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist