Search

Israel Mengatakan Kepada Mahkamah Internasional Bahwa Kasus Afrika Selatan Merupakan Olok-Olok Terhadap Genosida

Aulanews.id – THE HAGUE – Israel membela kebutuhan militer dari serangan Gaza pada hari Jumat di Mahkamah Internasional dan meminta para hakim untuk menolak permintaan Afrika Selatan untuk memerintahkan mereka menghentikan operasi di Rafah dan menarik diri dari wilayah Palestina.

Dilansir dari berita Reuters yang diterbitkan pada 18 Mei 2024, Pejabat Kementerian Kehakiman Israel, Gilad Noam, menyebut kasus Afrika Selatan, yang menuduh Israel melanggar Konvensi Genosida, “sepenuhnya terpisah dari fakta dan keadaan”.

“(Kasus ini) merupakan sebuah ejekan terhadap tuduhan genosida yang keji,” kata Noam. Ia menyebutnya sebagai “eksploitasi yang tidak senonoh terhadap konvensi yang paling sakral,” mengacu pada perjanjian internasional yang melarang genosida, yang disepakati setelah Holocaust terhadap orang Yahudi Eropa pada Perang Dunia Kedua.

Baca Juga:  Mudahnya Mencari Mushala di Stadion Piala Dunia Qatar 2022

Konvensi tersebut mewajibkan semua negara untuk bertindak mencegah genosida, dan ICJ, yang juga dikenal sebagai Mahkamah Dunia, yang mengadili sengketa antar negara, telah menyimpulkan bahwa hal ini memberikan hak kepada Afrika Selatan untuk mengajukan tuntutan.

Seorang wanita yang berteriak “pembohong!” selama presentasi Israel dikeluarkan oleh petugas keamanan, sebuah protes yang jarang terjadi di ruang sidang “Aula Besar Keadilan” di Den Haag.

“Memang ada perang tragis yang terjadi, tapi tidak ada genosida” di Gaza, kata Noam.

Dalam keputusan sebelumnya, pengadilan telah menolak tuntutan Israel untuk membatalkan kasus ini dan memerintahkan Israel untuk mencegah tindakan genosida terhadap Palestina, namun tidak memerintahkan untuk menghentikan serangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo hadir pada acara Olympic Day 2024 di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (22/6) siang. Menteri Pemuda dan Olahraga...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist