Search

Ini Madrasah Diniyah Pertama yang Berdiri di atas Tanah Wakaf NU dan Dikelola Ranting NU Jatim

Aulanews.id – Madrasah Diniyah Takmiliyah Al – Maidah diresmikan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Anik Maslachah dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo Moh. Arwani, Minggu 2 Oktober 2022. Madrasah Diniyah berdiri di Desa Durungbedug RT. 004, RW. 001, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur.

Dahulu, Madrasah Diniyah ini lebih dikenal dengan sebutan Majelis Taklim yang dikelola oleh KH. Mahmudz Al-Mundzir bersama sang istri Bu Nyai Hj Nurul Qomariah. Di tempat ini pertama kali ada kajian kitab Turots pada tahun 1979. Saat itu santri yang bermukim masih sedikit hanya 9 orang.

Lalu pada tahun 1982 didirikan musala di samping kediaman Kyai Mahmudz. Yang berinisiatif dan membangun tidak lain adalah para santri sendiri. Ada sejumlah tokoh agama Desa Durungbedug yang ikut mengarahkan ke kiblat saat itu, diantaranya Kyai Toyyib, Kyai Amik, Kyai Faqih dan masih banyak lagi. Saat itu Kyai Faqih bertanya kepada KH. Mahmud al-Mundzir “Untuk apa membangun mushollah yang begitu besar Kyai?”

“Ketika musala sudah berdiri diisilah dengan gelaran kajian Riyadussholihin yang diajarkan oleh Pak Tamam, seorang alumni pesantren yang diajak untuk ikut menghidupkan syiar agama Islam di pesantren ini” ungkap Mochammad Fuad Nadjib, Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah al – Maidah.

Baca Juga:  Musancab PAC ISHARI NU Kecamatan Puri, Dari Gaya Tahlilan Ke Profesional

Tahun 2005 KH. Mahmud Al-Mundzir wafat dan pengajian di tempat beliau diasuh oleh Istrinya Nurul Qomariah atau akrab dipanggi bu Nyai Maidah. Karena lahan yang digunakan menjadi tempat belajar kajian kitab turots ini adalah warisan dari keluarga Nyai Maidah, ditambah lagi dari pernikahannya dengan KH. Mahmud Al-Mundzir ini keduanya tidak mempunyai keturunan, maka keluarga Nyai Maidah sepakat lahan itu diwaqafkan bernadzir Nahdlatul Ulama (NU).

Aulanews.id – Sepanjang tahun 2023, PT Infomedia Nusantara (Infomedia) berhasil membukukan laba bersih sebesar 217%. Laba anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) tersebut tumbuh 30%. Tidak hanya itu...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist