Search

Harapan BI Perolehan AFMGM Perkokoh Kolaborasi Dengan Kementerian Keuangan

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo berbicara dalam rangkaian acara Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (AFMGM) di Jakarta, Selasa (22/8/2023).

Aulanews.id – Hasil pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (AFMGM) diharapkan dapat memperkokoh kolaborasi antara Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan.

AFMGM yang berlangsung dari 22-25 Agustus 2023 tersebut merupakan pertemuan kedua, setelah pertemuan pertama digelar di Bali pada Maret dan diharapkan akan menegaskan komitmen untuk berkolaborasi menjaga stabilitas ekonomi di kawasan.

“Diharapkan dengan adanya pertemuan AFMGM ke-2 nanti dapat semakin memperkokoh kolaborasi antar dua institusi keuangan, khususnya BI dan Kemenkeu RI,” kata Direktur Departemen Internasional BI Iss Savitri Hafid dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.

Kemitraan antara Kementerian Keuangan dengan Bank Indonesia disebut Iss akan memupuk rasa percaya dan kerja sama di ASEAN.

Kerja sama itu juga disebutnya akan “mendorong integrasi ekonomi kawasan untuk memperkuat sistem keuangan, melindungi kawasan dari guncangan dan kerentanan ekonomi”.

Baca Juga:  Tata Kelola Keuangan Semakin Baik, PLN Raih Penghargaan Debitur Terbaik dari Kemenkeu RI Dua Tahun Berturut-turut

Pertemuan AFMGM ke-2 itu akan dihadiri Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari sembilan negara ASEAN, yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Republik Demokratik Rakyat Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Selain itu, sesuai dengan ASEAN Leaders’ Statement on the Application of Timor-Leste for ASEAN Membership in November 2022, ASEAN juga mengundang Timor-Leste untuk berpartisipasi sebagai pengamat dalam rangkaian pertemuan tersebut.

Rangkaian pertemuan AFMGM juga akan dihadiri perwakilan dari enam organisasi internasional, antara lain Asian Development Bank (ADB), ASEAN+3 Macroeconomic Research Office (AMRO), International Monetary Fund (IMF), Financial Stability Board (FSB), Bank for International Settlements (BIS), dan World Bank (WB) serta mitra strategis yaitu Australia dan European Union (EU).

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri ajang Indonesia Sport Facility Expo (ISFEX) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Jumat (14/6). Menteri Pemuda...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist