Search

Guterres menyesalkan eskalasi Rafah | Berita PBB

Aulanews.id – “Perkembangan ini semakin menghambat akses kemanusiaan dan memperburuk situasi yang sudah mengerikan. Pada saat yang sama, Hamas terus menembakkan roket tanpa pandang bulu,” kata pernyataan itu.

Menekankan bahwa warga sipil harus dihormati dan dilindungi setiap saat, Guterres menambahkan bahwa “bagi masyarakat di Gaza, saat ini tidak ada tempat yang aman.

Sekretaris Jenderal mengulangi seruannya yang sudah lama mendesak untuk segera melakukan gencatan senjata kemanusiaan dan pembebasan semua sandera.

Ia juga menyerukan agar penyeberangan Rafah segera dibuka kembali dan akses kemanusiaan di seluruh Gaza tidak terhalang.

Kepedulian terhadap keluarga pengungsiPengungsi PBB Palestina UNRWA mengatakan pada hari Selasa bahwa sebagian besar Rafah telah menjadi “kota hantu”. Sekitar 450.000 orang telah meninggalkan daerah tersebut selama seminggu terakhir dan mencari perlindungan di mana pun mereka bisa, termasuk di reruntuhan dan bukit pasir.

Baca Juga:  Singkat Berita Dunia: Pengiriman bantuan ke Haiti terus berlanjut, kekerasan di Sudan Selatan, dan perundingan perjanjian pandemi hampir berakhir

Di New York, wakil juru bicara PBB Farhan Haq mengatakan keluarga-keluarga pengungsi tiba di lokasi yang kekurangan tempat berlindung, jamban, dan sumber air.

“Namun, tidak mungkin memperbaiki situasi di lokasi pengungsian jika pasokan tidak dapat masuk ke Gaza – dan jika kita kekurangan bahan bakar untuk mengangkut mereka ke dalam Gaza ke keluarga yang membutuhkannya,” katanya kepada wartawan yang menghadiri konferensi pers harian di PBB. Markas besar.

Truk bantuan diserangSementara itu, upaya untuk memberikan bantuan penyelamatan nyawa terus dilakukan di tengah ketidakamanan dan hambatan lainnya.

Badan urusan kemanusiaan PBB, OCHA, mengatakan para mitra melaporkan bahwa upaya terus dilakukan untuk memulihkan layanan kesehatan di Kompleks Medis Nasser di Khan Younis, yang diperkirakan akan dibuka kembali secara resmi dalam beberapa hari mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Jam di telepon seluler menunjukkan pukul 16.25 WIB. Di tengah kepungan Bobotoh yang memadati Jalan Sulanjana, Kota Bandung, tepat di depan Graha PERSIB hingga Balubur Town Square (Baltos),...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist