Search

Giliran 37 WNI Asal Makasar Pakai Visa Ziarah Ditangkap

Konjen Jeddah RI Yusron B Ambary

Aulanews.id, Mekkah – Lagi-lagi terjadi penangkapan oleh pihak keemanan Arab Saudi pada warga negara Indonesia (WNI) akibat berhaji menggunakan visa non haji, terbaru, 37 orang asal Makassar ditangkap di Madinah pukul 11 WAS, Sabtu (1/6/2024) .

Penangkapan tersebut diungkapkan Konjen RI Jeddah Yusron B Ambarie usai kunjungan ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Makkah.

“37 orang ditangkap di Madinah oleh aparat keamanan di Madinah, 16 perempuan, laki-laki 21 orang. Dari Makassar,” jelas Yusron.

Yusron juga menjelaskan, selain jamaah, pengemudi dan kenek busnya dari Yanan pun ditahan. “Katanya sewa bus 17 ribu riyal,” ujarnya.

Adapun rute yang dilalui Jamaah tersebut menurut Yusron, mereka terbang dari Indonesia ke Doha, lalu ke Riyadh. “Dari Riyadh ke Madinah. mereka ditangkap di dalam bus,” kata Yusron.

Baca Juga:  Sidak Katering, Kemenag Pastikan Proses Memasak Konsumsi Jamaah Haji sesuai Ketentuan

Dari hasil pemeriksaan aparat keamanan, diketahui mereka menggunakan atribut haji palsu. “Gelang haji palsu, kartu id palsu dan ada juga yang memalsukan visa haji,” terang Yusron.

Dari 37 orang itu, ada seorang koordinator berinisial SJ. Dia menggunakan visa multiple yang berlaku untuk 1 tahun. “Jadi setelah 3 bulan kembali ke Indonesia, trus bisa kembali lagi,” ujarnya.

Selain SJ, lanjutnya, ada satu orang koordinator lainnya yang sedang diburu inisial TL. “37 orang yang sudah ditangkap saat ini sedang diperiksa kepolisian. Di sini proses pemeriksaan cepat,” kata dia.

Menurutnya sebelum penangkapan 37 orang ini, ada juga 19 orang yang diamankan namun dibebaskan kembali karena tidak terbukti mereka akan berhaji.

Baca Juga:  Jangan Takut Kesasar, Petugas Haji Berjaga di Sudut-sudut Gerbang Masjid Nabawi 

“Mereka mengaku akan pergi ke keluarganya di Jeddah, tim KJRI berhasil membantu mereka untuk dibebaskan. Kami minta mereka segera pulang dan tidak coba-coba untuk berhaji,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo hadir pada acara Olympic Day 2024 di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (22/6) siang. Menteri Pemuda dan Olahraga...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist