Search

Gempa M 4,6 Guncang Mahakam Ulu Kaltim

Aulanews.id – Usai melanda Mojokerto, Jawa Timur, gempa juga mengguncang Mahakam Ulu, Kalimantan Timur (Kaltim). Gempa dengan magnitudo (M) 4,6 itu terjadi pada Selasa (20/6/2023) pukul 12.43 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan pemicu gempa bumi tersebut.

“Hari Selasa, 20 Juni 2023, pukul 12.43 WIB, wilayah Mahulu, Kalimantan Timur, diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter M 4,6,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, Selasa (20/6/2023).

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kerak dangkal akibat aktivitas sesar aktif dengan mekanisme geser,” terangnya.

Baca Juga:  Pesona Pantai Peh Pulo Blitar

Lokasi gempa diketahui terletak pada koordinat 1,117 derajat lintang utara dan 114,99 derajat bujur timur. Gempa tepatnya berlokasi 47 km tenggara Mahakam Ulu pada kedalaman 10 km.

Daroyono menyebutkan dampak gempa dirasakan dengan skala III MMI di Mahakam Ulu dan Samarinda. Artinya, getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hingga kini belum ada laporan kerusakan yang terjadi akibat gempa ini.

“Dirasakan (MMI) III Mahulu, III Samarinda,” lanjut BMKG.

Sementara itu, hingga pukul 14.25 Wita, berdasarkan hasil monitoring BMKG, belum ada aktivitas gempa susulan.(Hb)

Aulanews.id – Saat kami menang 5-0 atas Chelsea pada Selasa malam, kami berhasil mencapai rekor 100 gol untuk musim 2023/24 dalam 48 pertandingan kami sejauh ini. Dengan catatan 99 gol...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist