Search

Geliatkan Minat Baca Warga Bojonegoro, Disperpusip Jatim Bagikan Pinjam Pakai Ratusan Buku dan Bimlit

Aulanews.id – Upaya menggeliatkan minat baca masyarakat Jawa Timur terus dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Prov. Jatim. Melalui program layanan terpadu perpustakaan desa (LTPD)/layanan terpadu perpustakaan sekolah (LTPS) dan lembaga pemasyarakatan (Lapas), Disperpusip Jatim memberikan peminjaman buku dan bimbingan literasi (Bimlit) di Kab. Bojonegoro.

Kepala Disperpusip Prov. Jatim, Ir. Tiat S. Suwardi, MSi mengatakan, lokasi yang ditempatkan dalam melaksanakan kegiatan tersebut yakni di Lapas Kelas IIA Bojonegoro, Komunitas Perpustakaan Pustaka Ndalem Garudeyan dan SMAN 2 Bojonegoro. Khusus di SMAN 2 Bojonegoro, Disperpusip Jatim juga memberikan pemahaman tentang dunia literasi lewat bimbingan literasi (Bimlit) kepada siswa-siswi.

Upaya tersebut dilakukan untuk menggeliatkan minat baca masyarakat secara masif. Salah satunya melalui program LTPD/LTPS/Lapas dan Bimlit.

Baca Juga:  Dua Tahun Eri-Armuji, dapat Nilai 8,7 dari DPRD Surabaya

“Kami akan terus memberikan bantuan peminjaman buku kepada masyarakat, agar apa? agar minat baca semakin masif dan meningkat hingga jadi budaya serta gaya hidup,” kata Tiat S. Suwardi di kantornya di Jl. Menur Pumpungan 32 Surabaya, Jumat (17/5/2024).

Lebih lanjut Tiat mengatakan, jumlah buku yang dipinjamkan masing-masing tempat sebanyak 200 buku/judul. Klasifikasi buku yang dipinjamkan pun bervariatif.

“Rencananya, buku-buku tersebut secara periodik akan dilakukan rolling book dengan mengevaluasi minat baca yang diinginkan mereka,” jelas Tiat.

Adapun buku-buku yang dipinjamkan meliputi buku kesusasteraan, sejarah, ilmu terapan, keterampilan, pengetahuan dan agama. Buku-buku tersebut disesuaikan dengan lokasi yang ditempatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro membuka acara Lari Gembira Bersama Olympians dalam rangka memperingati Hari Olimpiade...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist