Search

Gaza: Utusan PBB untuk Timur Tengah menegaskan kembali seruan gencatan senjata dan perjanjian pembebasan sandera

Aulanews.id – Dalam penjelasannya di Dewan Keamanan, Tor Wennesland menekankan perlunya semua pihak mengubah arah.

Kita harus mencapai kesepakatan untuk membebaskan para sandera dan segera melakukan gencatan senjata. Sama sekali tidak ada waktu yang terbuang sia-sia,” katanya, seraya menekankan bahwa menghentikan pertempuran sangat penting untuk respons kemanusiaan yang komprehensif.

Secara paralel, upaya untuk mencegah memburuknya situasi harus dikaitkan dengan strategi politik jangka panjang untuk menjamin keberhasilan jangka panjang.

“Kita harus menetapkan kerangka kerja untuk pemulihan Gaza dan melakukan hal tersebut dengan cara yang nyata, bukan menjauhi resolusi politik jangka panjang atas konflik Israel-Palestina,” tambah Wennesland.

Tidak ada militer Israel jangka panjang di GazaDia menegaskan kembali prinsip-prinsip utama, termasuk bahwa tidak boleh ada kehadiran militer Israel dalam jangka panjang di Gaza, sambil mengatasi masalah keamanan Israel yang sah terutama setelah serangan Hamas dan kelompok bersenjata Palestina lainnya pada 7 Oktober 2023.

Baca Juga:  Kecerdasan manusia dapat membantu menyelamatkan alam, kata Guterres pada Hari Margasatwa Sedunia

Dia menggarisbawahi bahwa Gaza harus tetap menjadi bagian dari Negara Palestina di masa depan tanpa pengurangan wilayah dan bersatu dengan Tepi Barat di bawah Pemerintahan Palestina yang diakui.

Situasi mengerikan, ketegangan meningkatSituasi di Gaza masih mengerikan, dengan lebih dari 36.000 warga Palestina dan 1.200 warga Israel dan warga asing tewas sejak 7 Oktober. Nasib 125 sandera yang ditahan di Gaza masih sulit dipahami karena kesepakatan mengenai gencatan senjata dan pembebasan sandera masih terhambat.

Hampir dua juta warga Palestina di Jalur Gaza telah mengungsi dari rumah mereka, berkali-kali, dan sekitar 100.000 warga Israel dari komunitas mereka di utara dan selatan negara itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro membuka acara Lari Gembira Bersama Olympians dalam rangka memperingati Hari Olimpiade...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist