Search

Gaza: Pengadilan dunia memerintahkan Israel untuk menghentikan operasi militer di Rafah

Aulanews.id – Hal ini menyusul permintaan dari Afrika Selatan dalam kasus yang tertunda yang menuduh Israel melanggar kewajibannya berdasarkan Konvensi Genosida.

Membaca langkah-langkah sementara yang baru dalam sidang terbuka di pengadilan di Den Haag, Hakim ICJ Nawaf Salam mengumumkan bahwa Israel harus mematuhi kewajibannya berdasarkan Konvensi Genosida untuk “segera menghentikan serangan militernya dan tindakan lain apa pun di pemerintahan Rafah yang dapat menimbulkan dampak buruk terhadap Israel.” terhadap kondisi kehidupan kelompok Palestina di Gaza yang akan menyebabkan kehancuran fisik secara keseluruhan dan sebagian”.

Pengadilan mengeluarkan keputusan itu dengan 13 suara mendukung dan dua suara menentang.

Langkah-langkah sementara yang baru ini dikeluarkan sebagai tanggapan terhadap permintaan Afrika Selatan yang dibuat pada tanggal 10 Mei terkait dengan tuduhan awal pada bulan Desember bahwa Israel melanggar kewajibannya berdasarkan Konvensi Genosida selama perang di Gaza, yang pecah setelah serangan pimpinan Hamas terhadap Israel pada bulan Oktober. yang menewaskan lebih dari 1.200 orang dan menyebabkan 250 lainnya disandera.

Respons militer Israel, hingga saat ini, telah menewaskan hampir 36.000 warga Palestina dan menyebabkan kehancuran yang luas serta kelaparan di daerah kantong yang dikepung dan dibombardir tersebut.

Baca Juga:  Sekilas Berita Dunia: Berinvestasi dalam layanan kesehatan primer, rekor kelaparan di Afrika Barat dan Tengah, seruan darurat UNICEF

Pengadilan memerintahkan pembukaan penyeberangan perbatasan RafahMengingat kondisi yang memburuk di lapangan sejak serangan Israel ke Rafah pada tanggal 7 Mei, pengadilan memutuskan, juga dengan suara 13 suara mendukung dan dua suara menentang, tindakan sementara yang baru ini akan mengharuskan Israel untuk membuka penyeberangan Rafah untuk pengiriman bantuan kemanusiaan yang mendesak tanpa hambatan. membantu dan memastikan akses tanpa hambatan untuk misi pencarian fakta guna menyelidiki tuduhan genosida.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo hadir pada acara Olympic Day 2024 di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (22/6) siang. Menteri Pemuda dan Olahraga...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist