Search

Gaza: Ketua WHO menyerukan diakhirinya pengepungan rumah sakit terbaru

Aulanews.id – “Staf medis di dalam rumah sakit melaporkan adanya serangan pada tanggal 20 Mei penembak jitu membidik gedung dan roket artileri menghantam lantai lima,” kata Tedros Adhanom Ghebreyesus di X.

Sekitar 148 staf dan 22 pasien serta pendamping mereka masih “terjebak di dalam” rumah sakit sejak Minggu, Direktur Jenderal WHO menambahkan, sebelum mengeluarkan seruan untuk perlindungan mereka.

Dampak perintah evakuasiMenurut WHO, hanya sekitar sepertiga dari 36 rumah sakit di Gaza yang masih berfungsi, sehingga fasilitas layanan kesehatan penting “tidak dapat diakses” oleh pasien dan petugas layanan kesehatan yang terkena dampak kekerasan atau perintah evakuasi.

Di kota selatan Rafah, perintah militer Israel yang memerintahkan warga Gaza untuk pindah telah berdampak pada lebih dari 20 titik medis, empat rumah sakit dan empat pusat layanan kesehatan primer, kata badan kesehatan PBB.

Sementara itu, di Gaza utara, 16 titik layanan kesehatan terkena dampaknya, serta lima pusat kesehatan primer dan Rumah Sakit Kamal Adwan, serta Rumah Sakit Al-Awda.

Baca Juga:  Miris!! Dituduh Mencuri, Perempuan di Pakistan Disiksa dan Ditelanjangi

Dalam postingan media sosial di X pada hari Minggu, Tedros dari WHO menyampaikan kekhawatiran tentang laporan permusuhan yang intens di sekitar Rumah Sakit Kamal Adwan, ditambah dengan masuknya pasien yang terluka, meskipun fasilitas tersebut memiliki kemampuan terbatas untuk merawat mereka.

Setidaknya 900.000 warga Gaza mengungsiDalam perkembangan terkait, kantor koordinasi bantuan PBB, OCHA, melaporkan bahwa operasi militer Israel dan perintah evakuasi yang sedang berlangsung telah mencabut lebih dari 900.000 orang dalam dua minggu terakhir – sekitar empat dari 10 warga Gaza.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo hadir pada acara Olympic Day 2024 di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (22/6) siang. Menteri Pemuda dan Olahraga...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist