Search

Gaza: Ketika eksodus dari Rafah terus berlanjut, seruan gencatan senjata semakin meningkat

Aulanews.id – “Ketika pemboman Pasukan Israel meningkat di Rafah, pengungsian paksa terus berlanjut,” kata badan PBB untuk pengungsi Palestina, UNRWA, dalam sebuah postingan di X. “Sekitar 110.000 orang kini telah meninggalkan Rafah untuk mencari keselamatan. Namun tidak ada tempat yang aman di Jalur Gaza dan kondisi kehidupannya sangat buruk. Satu-satunya harapan adalah gencatan senjata segera.”

Dicabut lagiGambar terbaru dari Rafah yang disediakan oleh UNRWA menunjukkan arus orang meninggalkan bagian timur kota dengan mobil, sepeda motor, dan kereta keledai yang memuat barang-barang mereka, sebagai tanggapan atas perintah evakuasi dari militer Israel.

Sebagian besar pengungsi mencari perlindungan di Khan Younis dan Deir al Balah. Namun daerah-daerah ini kekurangan layanan dasar yang diperlukan untuk mendukung warga sipil yang membutuhkan makanan, tempat tinggal dan layanan kesehatan, menurut tim bantuan.

Baca Juga:  Energi terbarukan mengubah lanskap

Selain ancaman langsung dari aksi militer yang sedang berlangsung, badan-badan bantuan PBB telah memperingatkan dengan semakin mendesaknya sejak tank-tank Israel meluncur ke perbatasan Rafah pada hari Senin bahwa operasi kemanusiaan di wilayah kantong tersebut telah lumpuh.

panggilan Griffith“Warga sipil di Gaza kelaparan dan terbunuh… Inilah Gaza hari ini,kata pejabat tinggi bantuan PBB, Martin Griffiths.

Dalam postingan media sosial di X, pejabat bantuan veteran tersebut memperingatkan pada Kamis malam bahwa selama berhari-hari, “tidak ada dan tidak ada seorang pun yang diizinkan masuk atau keluar dari Gaza”.

Penutupan penyeberangan Rafah dan Kerem Shalom di selatan Gaza – pintu masuk utama bantuan makanan, air, bahan bakar dan pasokan medis yang sangat dibutuhkan – “berarti tidak ada bantuan”, lanjut Griffiths.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Jam di telepon seluler menunjukkan pukul 16.25 WIB. Di tengah kepungan Bobotoh yang memadati Jalan Sulanjana, Kota Bandung, tepat di depan Graha PERSIB hingga Balubur Town Square (Baltos),...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist