Search

Gaza: Hampir 800.000 orang mengungsi dari Rafah

Aulanews.id – “Sekali lagi, hampir separuh penduduk Rafah atau 800.000 orang berada di jalan,” tulis Komisaris Jenderal Philippe Lazzarini dalam postingan di platform media sosial X. yang dulunya Twitter.

Dia mengatakan bahwa setelah adanya perintah evakuasi yang menuntut warga mengungsi ke zona aman, sebagian besar warga pergi ke wilayah tengah di Gaza dan Khan Younis, termasuk menghancurkan bangunan.

Tidak ada jalan atau perlindungan yang aman“Ketika orang bergerak, mereka terpapar, tanpa jalur atau perlindungan yang aman,” katanya. “Setiap saat, mereka harus memulai dari awal, dari awal lagi.”

Pak Lazzarini mengatakan daerah tempat orang mengungsi tidak memiliki persediaan air bersih atau fasilitas sanitasi.

Dia mengutip contoh Al-Mawassi, yang menggambarkannya sebagai “lahan pertanian berpasir seluas 14 kilometer persegi, di mana orang-orang ditinggalkan di tempat terbuka dengan sedikit atau tanpa bangunan atau jalan.”

Baca Juga:  Krisis Gaza: Bayi-bayi dilahirkan 'di neraka' di tengah kekurangan bantuan

Kota yang terletak di pantai selatan Gaza, “tidak memiliki kondisi minimal untuk memberikan bantuan kemanusiaan darurat dengan cara yang aman dan bermartabat.”

Dia mengatakan bahwa lebih dari 400.000 orang tinggal di Al-Mawassi sebelum eskalasi baru-baru ini terjadi, namun sekarang “penuh sesak dan tidak dapat menampung lebih banyak orang”, hal yang sama juga terjadi di Deir al Balah.

‘Tidak ada tempat yang aman’“Klaim bahwa masyarakat di Gaza bisa pindah ke zona ‘aman’ atau ‘kemanusiaan’ adalah salah. Setiap kali hal ini terjadi, hal ini membahayakan nyawa warga sipil,” kata Pak Lazzarini.

“Gaza tidak memiliki zona aman,” dia menambahkan. “Tidak ada tempat yang aman. Tidak ada yang selamat.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro membuka acara Lari Gembira Bersama Olympians dalam rangka memperingati Hari Olimpiade...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist