Search

Gaza: Dewan Keamanan mengadopsi resolusi AS yang menyerukan ‘gencatan senjata segera, penuh dan menyeluruh’

Aulanews.id – Teks yang disusun Amerika Serikat menyerukan agar Hamas menerima proposal gencatan senjata yang diumumkan pada 31 Mei oleh Presiden Joe Biden dan telah diterima oleh Israel.

Diadopsi oleh mayoritas dengan 14 suara mendukung dan Rusia abstain – memilih untuk tidak menggunakan hak vetonya – resolusi tersebut juga mendesak kedua belah pihak untuk sepenuhnya melaksanakan ketentuan proposal “tanpa penundaan dan tanpa syarat.

Presiden Biden menggambarkan kesepakatan itu sebagai “bukan hanya gencatan senjata yang pasti akan rapuh dan bersifat sementara” tetapi juga akan memberikan “pengakhiran perang yang bertahan lama”.

Dia menambahkan bahwa ketentuan kesepakatan telah disampaikan oleh Qatar kepada pimpinan Hamas. Hal ini merupakan hal yang signifikan secara diplomatis bahwa AS mampu mengajak Israel dan misi Palestina untuk mendukung resolusi tersebut, sambil menghindari veto dari anggota tetap – termasuk AS sendiri – yang telah memantapkan resolusi-resolusi yang gagal disahkan sejak perjanjian tersebut ditandatangani. Serangan teror 7 Oktober mengawali siklus kekerasan.

Pendekatan tiga faseMosi tersebut membayangkan pendekatan tiga fase untuk memastikan berakhirnya pertempuran secara permanen dan komprehensif.

Baca Juga:  Malaysia Wajibkan Vaksinasi Covid-19 Pada PNS

Tahap satu mencakup “gencatan senjata segera, penuh, dan menyeluruh dengan pembebasan sandera termasuk perempuan, orang lanjut usia dan yang terluka, pengembalian jenazah beberapa sandera yang terbunuh, dan pertukaran tahanan Palestina”.

Resolusi tersebut menyerukan penarikan pasukan Israel dari “daerah berpenduduk” di Gaza, kembalinya warga Palestina ke rumah dan lingkungan mereka di seluruh wilayah kantong tersebut, termasuk di wilayah utara, serta distribusi bantuan kemanusiaan dalam skala besar yang aman dan efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo hadir pada acara Olympic Day 2024 di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (22/6) siang. Menteri Pemuda dan Olahraga...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist