Search

Fenomena Pembelian Secara Impulsif di Kalangan Gen Z di Indonesia

Aulanews.id – Generasi Z, yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga pertengahan 2010-an, telah menjadi bagian integral dari masyarakat konsumen di Indonesia. Fenomena konsumerisme di kalangan Gen Z menyoroti kecenderungan mereka untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Dengan banyaknya platform belanja online yang sedang marak, membuat daya tarik mereka lebih besar untuk membeli. Pasalnya di era digital ini, dengan kemudahan membeli barang yang hanya dengan sekali klik di aplikasi belanja online membuat mereka dengan mudah membeli-beli barang secara konsumtif. Mari kita telah lebih dalam tentang tren ini.

Budaya Konsumsi yang Semakin Berkembang Pesat

Gen Z hidup dan tumbuh di era di mana teknologi dan media sosial memainkan peran besar dalam membentuk persepsi dan kebutuhan dari konsumen. Dorongan untuk memiliki barang-barang terbaru, terutama yang populer di kalangan teman sebaya, seringkali menjadi faktor yang mendorong pembelian secara impulsif.

Baca Juga:  Tentara Swiss Dilarang Pakai WhatsApp, Telegram, dan Signal, Kenapa?

Pengaruh Media Sosial

Media sosial memainkan peran penting dalam membentuk pola pikir dan perilaku konsumsi Gen Z. Mereka sering terpapar oleh konten-konten yang mempromosikan gaya hidup yang konsumtif, di mana memiliki barang-barang trendy dianggap sebagai simbol status dan keberhasilan bagi seseorang. Hal itu yang akhirnya mendorong Gen Z untuk mengikuti arus gaya hidup yang tinggi, bahkan terkadang tidak sesuai dengan isi kantong yang dimiliki.

Ekonomi Berbasis Pengalaman

Dari segi ekonomis, Gen Z cenderung memprioritaskan pengalaman memiliki suatu benda daripada kepemilikan benda. Namun yang menjadi paradox adalah mereka juga cenderung tergoda oleh penawaran produk, diskon atau voucher diskon yang ada di online shop yang menarik mata, dan seringkali memicu pembelian impulsif meskipun barang tersebut tidak benar-benar mereka perlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Gabriel Martinelli masuk pada menit ke-83 saat Brasil bermain imbang 1-1 dalam pertandingan persahabatan melawan Amerika Serikat di Florida pada Kamis pagi. Rodrygo membuka skor untuk Brasil pada...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist