Search

Dewan Keamanan: ‘Petualangan militer yang berisiko’ dapat mendorong Yaman ke dalam siklus perang baru

Aulanews.id – Saat memberikan pengarahan kepada para duta besar di Dewan Keamanan PBB, Hans Grundberg menyuarakan kekecewaannya atas kegagalan mencapai tonggak penting yang dituntut oleh masyarakat umum Yaman, pada bulan Ramadhan.

“Seperti yang saya jelaskan bulan lalu, ruang mediasi telah berkembang menjadi lebih kompleks. Hal ini terus terjadi,” ujarnya.

“Meskipun kami telah mencoba untuk melindungi proses perdamaian dari perkembangan regional sejak perang di Gaza, kenyataannya adalah, dan izinkan saya mengulanginya lagi, bahwa apa yang terjadi secara regional berdampak pada Yaman – dan apa yang terjadi di Yaman dapat berdampak pada kawasan,” tambahnya. .

Utusan Khusus Hans Grundberg memberi pengarahan kepada Dewan Keamanan mengenai situasi di Yaman. Risiko ‘siklus perang baru’Utusan Khusus menyoroti kompleksitas tersebut, dengan mengutip penargetan kapal-kapal di Laut Merah dan Teluk Aden baru-baru ini oleh pemberontak Houthi, yang juga dikenal sebagai Ansar Allah.

Serangan-serangan tersebut, bersama dengan serangan balasan dari Amerika Serikat dan Inggris, semakin meningkatkan ketegangan dan menimbulkan kekhawatiran mengenai potensi kembalinya konflik yang meluas, katanya.

Baca Juga:  50 Kloter Selesai Lakukan Umrah Wajib

“Dengan semakin banyaknya kepentingan yang terlibat, pihak-pihak yang berkonflik di Yaman cenderung mengubah perhitungan dan mengubah agenda negosiasi mereka. Dalam skenario terburuk, kedua pihak dapat memutuskan untuk terlibat dalam petualangan militer berisiko yang mendorong Yaman kembali ke siklus perang baru,” ia memperingatkan.

Komitmen internasional sangat pentingGrundberg mengatakan sangat penting untuk mencapai gencatan senjata dan memulai proses politik untuk menyelesaikan konflik, menekankan perlunya memprioritaskan suara dan pengalaman perempuan Yaman dan masyarakat sipil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Ketika Andreas Christensen mencetak gol di Bernabéu pada hari Minggu, ia menjadi pemain FC Barcelona ke-17 yang berhasil mencetak gol di La Liga 2023/24, yang kini menjadi angka...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist