Search

Cak Imin: Saya Tak Pernah Bawa PBNU Terkait Pilpres

Bakal Calon Wakil Presiden sekaligus Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar memberikan keterangan pers saat tiba untuk melakukan pertemuan di Nasdem Tower, Jakarta, Rabu. (Foto: Detiknews)

Aulanews.id – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau lebih dikenal dengan sebutan Cak Imin mengatakan bahwa ia tak pernah membawa Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam aktivitasnya terkait Pilpres 2024, dilansir dari Republika.

“Saya nggak pernah bawa-bawa itu. Saya tidak pernah bawa-bawa PBNU, tetapi saya dari lahir sampai sekarang orang tahu saya NU (Nahdlatul Ulama),” ujar Cak Imin.

Cak Imin merupakan bakal calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan, bakal calon presiden untuk Pilpres 2024. Keduanya mendeklarasikan diri sebagai pasangan di Surabaya, Jawa Timur, pekan lalu.

Dalam acara deklarasi itu, Partai Nasdem dan PKB memastikan dukungannya untuk pasangan tersebut, sementara PKS masih menunggu hasil musyawarah Majelis Syuro untuk menyetujui Muhaimin sebagai pendamping Anies.

Sementara itu, Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf pada pekan lalu mengingatkan para politikus, terutama para bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden untuk tidak membawa nama NU dalam agenda politik mereka di Pilpres 2024.

Baca Juga:  Hari Ini! Deklarasi Partai Gelora Prabowo Capres 2024, Tonton di Live Streamingnya Disini !

“Jangan ada calon mengatasnamakan NU. Kalau ada calon mengatasnamakan (NU), kredibilitasnya atas nama perilakunya sendiri-sendiri, bukan atas nama NU,” kata Ketum PBNU yang akrab disapa Gus Yahya di Jakarta, Sabtu.

Gus Yahya juga menegaskan secara struktural NU berikut kiai-kiai terafiliasi NU juga tidak akan memberi dukungan kepada pasangan calon tertentu.

“Kalau ada klaim, kiai-kiai NU merestui, itu sama sekali tidak betul. Selama ini tidak ada pembicaraan terkait calon presiden atau wakil presiden,” kata dia.

Terlepas dari itu, PBNU mempersilakan warga NU yang ingin mencalonkan diri dan berkompetisi dalam pemilihan umum. Namun dia mengingatkan mereka agar tidak membawa-bawa nama NU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri ajang Indonesia Sport Facility Expo (ISFEX) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Jumat (14/6). Menteri Pemuda...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist