Search

Brantas Abipraya Bangun Bendungan Cijurey Guna Atasi Banjir Karawang-Bekasi

 

Aulanews.id – PT Brantas Abipraya (Persero) merilis informasi tentang proyek Bendungan Cijurey yang akan rencananya akan dibangun di Sungai Cihoe, anak Sungai Cipamingkis.

Secara administrasi lokasi bendungan masuk wilayah Desa Sukadamai, Desa Sukaharja, Desa Karyamekar, dan Desa Selawangi yang berada di Kecamatan Sukamakmur, Cariu, dan Tanjungsari Kabupaten Bogor, pada koordinat 6°32’59,72” LS dan 107°05’02,03” BT.

Bendungan Cijurey merupakan bendungan yang sedang dibangun Badan Usaha Milik Negara (BUMN), konstruksi ini menjadi langkah strategis untuk mengatasi banjir di Karawang dan Bekasi.

Tipe bendungan adalah zonal urugan random tanah dengan inti tegak, dengan tinggi dari dasar galian pondasi 77 m, puncak bendungan berada di EL. +292 m, Panjang puncak bendungan 625 m, dan lebar puncak bendungan 13 m.

Baca Juga:  Puan Maharani Hadiri Pengukuhan PBNU, Mengaku Terkesan

Bendungan yang akan terbentuk mempunyai kapasitas tampungan efektif sebesar 10,41 juta m3 dan tampungan total (gross storage) sampai elevasi muka air banjir maksimum 14,37 juta m3 (dari elev. Ma banjir di waduk Q 1000 th).

“Pembangunan bendungan ini adalah salah satu upaya Brantas Abipraya dalam kontribusi kami mengatasi banjir yang kerap terjadi di Kabupaten Karawang dan Bekasi.”

“Bendungan ini ditargetkan tuntas tahun 2028,” ujar Sugeng Rochadi, Direktur Utama Brantas Abipraya.

Lebih lanjut, Sugeng Rochadi menjelaskan, pada pembangunan Bendungan Cijurey ini terbagi dalam tiga paket.

Meliputi Paket I yang mencakup bangunan pengelak, bendungan utama, hidromekanikal elektrical, instrumentasi dan bangunan fasilitas pendukung.

Paket II meliputi pekerjaan bendungan utama, jalan akses dan bangunan pengendali sediman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Presiden Jokowi bertakziah ke rumah duka almarhumah Mooryati Soedibyo di daerah Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu (24/04/2024). (Foto: BPMI Setpres/Kris) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertakziah ke rumah duka almarhumah...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist