Search

Belum ada tanda-tanda flu burung H5N1 menyebar antarmanusia, kata ketua WHO

Aulanews.id – Sejauh ini, satu kasus pada manusia telah dilaporkan di Amerika Serikat sejak merebaknya flu burung pada jutaan sapi perah di seluruh negeri. Setidaknya 220 orang menjalani pemantauan dan setidaknya 30 orang telah menjalani tes.

Namun, lebih banyak orang yang terpapar hewan yang terinfeksidan penting bagi semua orang yang terpapar untuk dites atau dipantau, dan menerima perawatan jika diperlukan,” Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia PBB (WHO), mengatakan pada konferensi pers rutinnya.

“Sejauh ini virus tersebut belum menunjukkan tanda-tanda beradaptasi untuk menyebar ke manusia, namun diperlukan pengawasan lebih lanjut,” desaknya.

Pasteurisasi membunuh virusKetua WHO juga mengatakan bahwa meskipun virus tersebut telah terdeteksi pada susu mentah di AS, “tes pendahuluan menunjukkan bahwa pasteurisasi membunuh virus”.

“Saran WHO di semua negara adalah masyarakat harus mengonsumsi susu pasteurisasi,” tegasnya.

Baca Juga:  Gaza: Bantuan atas sandera yang diselamatkan seiring Tedros memperingatkan 'lautan kebutuhan'

Pasteurisasi adalah proses perlakuan panas pada susu yang mengurangi jumlah mikroorganisme patogen ke tingkat yang tidak menimbulkan bahaya kesehatan yang signifikan. Ini juga memperpanjang masa pakai susu.

Risiko kesehatan masyarakat ‘rendah’ Tedros juga mencatat bahwa berdasarkan informasi yang tersedia, WHO terus menilai “risiko kesehatan masyarakat yang ditimbulkan oleh flu burung H5N1 adalah rendahdan tingkat rendah hingga sedang untuk orang yang terpapar hewan yang terinfeksi”.

Ia menambahkan, lembaga tersebut memiliki sistem pemantauan influenza secara global, melalui jaringan pusat di 130 negara, tujuh Pusat Kolaborasi, dan 12 laboratorium rujukan dengan kapasitas dan persyaratan keamanan hayati untuk menangani virus H5.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Jam di telepon seluler menunjukkan pukul 16.25 WIB. Di tengah kepungan Bobotoh yang memadati Jalan Sulanjana, Kota Bandung, tepat di depan Graha PERSIB hingga Balubur Town Square (Baltos),...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist