Search

Baznas, Kemenag, dan BPKH kelola daging kambing dam untuk Indonesia

Aulanews.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kementerian Agama (Kemenag) RI, dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bekerja sama melakukan pengelolaan pembayaran dam dengan mengkalengkan daging kambing untuk kemudian dikirim ke Indonesia dan dibagikan ke daerah terluar yang membutuhkan asupan protein.

“Kami harapkan, tahun ini mudah-mudahan bisa dimulai. Dam yang ada di sini (Arab Saud.) nanti akan dikalengkan dan dikirim ke Indonesia. Di Indonesia sangat butuh sekali dan kami sudah keliling ke beberapa tempat ke daerah-daerah terluar yang memang sangat membutuhkan asupan protein dan gizi yang baik,” kata Ketua Baznas Noor Achmad, di Mekkah, Jumat (23/6) 2023.

Pihaknya menghitung jika ada 5.000 kambing pembayaran dam yang disembelih, maka ada sekitar 100 ribu kaleng daging yang bisa dikirim ke daerah-daerah terluar di Indonesia yang saat ini membutuhkan khususnya untuk mengatasi stunting dan kemiskinan ekstrim.

Baca Juga:  PLN EPI Gandeng Konsorsium Indokorea Gas Kembangkan Infrastruktur Midstream LNG di Nusa Tenggara

Baznas, kata dia, sudah menandatangani MoU dengan Ditjen PHU Kemenag serta dengam pihak masyarik manaf, yang dulunya muasasah untuk Asia Tenggara dalam pengelolaan ekosistem terkait dengan ekonomi haji, termasuk di dalamnya pengelolaan dam.

“Kami akan melakukan MoU langsung di sini dan kemarin kami sudah ada pembicaraan di Jakarta. Kami kerja sama dengan Halalan Thayyiban dan Halalan Globalindo, Insyaallah mereka yang akan menangani di sini,” katanya.

Baznas memastikan penyembelihan kambing pembayaran dam karena haji tamatu’ dilakukan di Arab Saudi sebagai tempat yang dianjurkan, kemudian daging dikalengkan, dan dikirimkan ke Indonesia.

Jika menghitung potensi dam dengan rata-rata kuota jamaah haji Indonesia sebanyak 200 ribuan yang semuanya mengambil haji tamatu’, sehingga harus membayar dam, maka akan ada 200 ribuan pula kambing yang disembelih, belum lagi jika mereka memotong kambing untuk kurban.

Aulanews.id – Musim 2023/24 hampir berakhir, dan FC Barcelona akan menghadapi Rayo Vallecano dalam pertandingan terakhir di Estadi Olímpic Lluís Companys (kick-off pukul 19.00 CEST), dengan kepastian tempat di Piala...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist