Search

Banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya menyebabkan ratusan ribu orang mengungsi di Afrika Timur

Aulanews.id – Dalam peringatannya, Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mencatat bahwa hujan lebat telah menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor, serta merusak jalan, jembatan, dan bendungan.

Lebih dari 637.000 orang terkena dampak banjir selama berminggu-minggu 234.000 orang mengungsi hanya dalam lima hari terakhir. Belum ada angka resmi mengenai jumlah korban tewas.

Keadaan darurat yang tidak pernah berakhir “Jumlah (pengungsi) terus meningkat,” kata badan PBB tersebut, seraya mencatat bahwa keadaan darurat banjir adalah salah satu “realitas pahit” perubahan iklim, yang telah merenggut nyawa dan membuat seluruh masyarakat tercerabut dari rumah mereka.

“Ketika orang-orang ini menghadapi tugas berat untuk membangun kembali, kerentanan mereka semakin mendalam,” kata Rana Jaber, Direktur Regional IOM untuk Timur dan Tanduk Afrika.

“Pada saat kritis ini – bahkan ketika IOM memberikan tanggapannya – seruan untuk melakukan upaya berkelanjutan guna mengatasi mobilitas manusia yang dipicu oleh perubahan iklim tetap mendesak,” lanjutnya.

Baca Juga:  Mengungkap Risiko Infeksi Cacing di Masa Depan: Dampak Perubahan Iklim pada Ternak dan Satwa Liar

Afrika sangat rentan terhadap perubahan iklim meski hanya menyumbang sekitar empat persen terhadap emisi gas rumah kaca global. Wilayah Timur dan Tanduk Afrika khususnya terkena dampak siklus kekeringan dan curah hujan yang tinggi selama satu dekade terakhir, menurut IOM.

Di tengah hujan dan banjir terburuk dalam beberapa dekadeIOM bersama pemerintah dan mitranya terus memberikan bantuan penyelamatan nyawa kepada masyarakat yang terkena dampak, kehilangan anggota keluarga, dan kini menghadapi peningkatan risiko penyakit yang ditularkan melalui air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Jam di telepon seluler menunjukkan pukul 16.25 WIB. Di tengah kepungan Bobotoh yang memadati Jalan Sulanjana, Kota Bandung, tepat di depan Graha PERSIB hingga Balubur Town Square (Baltos),...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist