Search

Asal – Usul Bakso, Makanan Favorit Indonesia yang berasal dari Tionghoa

Ilustrasi bakso. (diadona.id)

Aulanews.id – Bakso adalah salah satu makan favorit masyarakat Indonesia. Bola – bola daging ini juga menjadi saksi pembauran, atau akulturasi budaya, dari berbagai suku bangsa.

Mengutip dari brascho.info, bakso berasal dari kata bak-so dimana dalam bahasa Hokkien yang berarti ‘daging babi giling’. Setelah makanan ini masuk ke Indonesia, bakso dibuat menggunakan daging sapi, ayam atau daging halal lainnya karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim.

Dilansir dari indonesiantaste.com, bakso sudah ada sejak akhir abad ke-17 di Cina tepatnya pada masa akhir Dinasti Ming. Orang yang pertama kali membuat bakso adalah seorang pria bernama Meng Bo. Ia hidup berdua bersama ibunya yang sudah lanjut usia di wilayah Fuzhou.

Baca Juga:  Resep Jajanan Pasar dari Tepung Ketan

Setiap hari, Meng Bo mengurus ibunya. Sebagai anak yang berbakti, ia menyiapkan segala kebutuhan ibunya termasuk mencari dan memasak makanan. Namun ibunda Meng Bo yang renta kerap kesulitan saat memakan daging. Alhasil setiap menghidangkan daging di rumahnya, ibu Meng Bo tak banyak makan.

Tidak ingin ibunya kelaparan, Meng Bo yang sangat mencintai ibunya memutar otak dan mencari solusi supaya ibunya bisa memakan daging dengan mudah. Alhasil Meng Bo mencoba berbagai cara untuk membuat daging lebih lunak.

Meng Bo kemudian menumbuk daging dan membentuknya menjadi bola-bola kecil. Untuk membuat daging itu lebih lezat, ia merebus daging itu kemudian menyajikannya dengan kuah kaldu hangat. Rupanya sajian tersebut membuat ibu Meng Bo menyantapnya dengan mudah. Ia pun menyukai hidangan tersebut. Meng Bo pun akhirnya bisa melihat ibunya kembali lahap memakan daging.

Baca Juga:  Resep Bakso Ayam Lezat dengan Kuahnya

Resep bakso buatan Meng Bo kemudian menyebar, banyak kerabat dan tetangga yang mencicipinya. Lambat laun, resep bakso Meng Bo menjadi terkenal dan disukai banyak orang, bahkan setelah rarusan tahun, resep bakso Meng Bo menyebar ke seluruh Cina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri ajang Indonesia Sport Facility Expo (ISFEX) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Jumat (14/6). Menteri Pemuda...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist