Search

Ancaman Tiongkok di Kepulauan Pasifik Membuat Jepang Segera Meningkatkan Dukungan untuk Keamanan.

Aulanews.id – Menteri Pertahanan Jepang, Minoru Kihara, akan melakukan pembicaraan dengan rekan-rekan dari negara-negara Kepulauan Pasifik minggu depan terkait dukungan keamanan, karena Tokyo mundur dari puluhan tahun kebijakan Pasifik untuk melawan kesepakatan China di wilayah yang terpencil namun strategis penting ini.

 

Dilansir dari Scmp.com, pada pembicaraan tanggal 19 Maret dengan 14 negara Kepulauan Pasifik Selatan dan sekutu-sekutu Barat akan membuka jalan bagi pertemuan pemimpin pada bulan Juli, dalam apa yang beberapa ahli katakan bisa menjadi langkah terbesar Jepang yang berfokus pada keamanan di Kepulauan Pasifik sejak Perang Dunia II.

 

Pembicaraan tersebut akan menyiapkan perjanjian keamanan dan kepolisian menjelang penandatanganan yang diharapkan pada Pertemuan Pemimpin Kepulauan Pasifik ke-10 (PALM10) bulan Juli ini di Tokyo.

Baca Juga:  Dituding Tidak Menghargai MPR, Ini Jawaban Sri Mulyani

 

Upaya ini datang saat China menuangkan uang dan waktu ke negara-negara Pasifik sebagai imbalan atas pengakuan diplomatik terhadap Taiwan – baru-baru ini, China berhasil mengubah loyalitas Nauru.

 

Beijing menganggap pulau yang dikelola sendiri sebagai provinsi yang memberontak yang harus dikuasai oleh daratan – dengan kekerasan, jika perlu.

 

Pembicaraan tersebut diperkirakan melibatkan Angkatan Bela Diri Jepang dan kepolisian dalam partisipasi tanggapan lokal dan regional serta pelatihan, sebuah perubahan dramatis dari kebijakan pascaperang sebelumnya.

 

“Sejak Perang Dunia II, Jepang telah fokus pada infrastruktur, pengelolaan sumber daya, dan tata kelola. Penempatan ‘angkatan bela diri’ akan menjadi perubahan langkah yang signifikan,” kata Meg Keen, direktur Program Kepulauan Pasifik Institut Lowy yang berbasis di Australia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Penukaran e-ticket dengan gelang penanda pertandingan kandang terakhir PERSIB di regular series Liga 1 2023/2024 dilakukan di Kodim 0624 Jalan Raya Soreang Cipatik, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung Kamis,...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist