Search

Amerika Serikat Menjadi Salah Satu Penyebab Kelaparan Besar yang Terjadi di Gaza

Aulanews.id – Orang-orang di Gaza sedang mengalami tingkat kelaparan yang “mengenaskan”, dan kelaparan sangat mungkin terjadi di bagian utara Gaza karena Israel terus melanjutkan perang dan pengepungan yang menghancurkan terhadap wilayah Palestina. Peringatan tegas tersebut disampaikan dalam sebuah laporan pada hari Senin dari sebuah otoritas global tentang keamanan pangan yang didirikan 20 tahun lalu oleh lembaga-lembaga PBB dan kelompok kemanusiaan untuk mengingatkan tentang kelaparan.

 

Dilansir dari theguardian.com, Israel bertanggung jawab sebagian besar atas kelaparan yang terjadi, namun bukan satu-satunya yang bertanggung jawab. Joe Biden dan administrasinya juga turut serta dalam bencana yang sedang terjadi ini: PBB dan kelompok bantuan internasional telah memberi peringatan tentang potensi kelaparan luas di Gaza sejak Desember. Administrasi Biden bisa bertindak saat itu, memberikan tekanan kepada Israel untuk mengizinkan lebih banyak bantuan masuk ke wilayah tersebut dan menegakkan hukum AS yang sudah ada yang melarang pengiriman senjata ke sekutu AS yang menghalangi bantuan kemanusiaan.

Baca Juga:  Pemenang PCNU Sidoarjo Award akan Bertarung di PWNU Jatim Award 2022

 

Namun, Presiden AS dan ajudannya ragu-ragu, seperti yang sudah mereka lakukan berkali-kali sejak Israel meluncurkan perangnya melawan Gaza setelah serangan Hamas pada 7 Oktober. Dan sekarang sudah terlambat untuk mencegah kelaparan. Seperti yang dikatakan oleh Martin Griffiths, pejabat bantuan darurat teratas PBB: “Komunitas internasional harus malu karena gagal menghentikannya … Kita tahu bahwa begitu kelaparan dinyatakan, sudah terlambat.”

 

Kelompok bantuan Refugees International bahkan lebih langsung, mencatat bahwa “kesempatan untuk menghindari kelaparan di Gaza telah hilang. Kelaparan sekarang sedang terjadi.” Presiden kelompok tersebut, Jeremy Konyndyk, mantan pejabat administrasi Biden, menulis bahwa deklarasi resmi kelaparan adalah sesuatu yang bersifat retrospektif, dan seringkali tertinggal di belakang realitas di lapangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kanye West dan Julia Fox pertama kali bertemu pada Malam Tahun Baru 2021 di Miami, Florida. Beberapa hari setelah pertemuan mereka, keduanya praktis tidak dapat dipisahkan. Setelah beberapa hari di...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist