Search

Amerika: Kerja sama regional penting untuk mengatasi migrasi dan pemindahan paksa

Aulanews.id – UNHCR punya memperbarui seruannya untuk pendekatan kontinental yang terkoordinasi mengenai masalah ini, sebagaimana ditegaskan dalam pertemuan tingkat menteri mengenai Deklarasi Los Angeles tentang Migrasi dan Perlindungan, yang diadakan di Guatemala pada hari Selasa.

Pendekatan baru Deklarasi penting ini bertujuan untuk mengubah cara kawasan ini mengelola migrasi dan didasarkan pada prinsip-prinsip solidaritas, pembagian tanggung jawab, kerja sama internasional, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Ini diluncurkan pada KTT Amerika di Los Angeles, California, pada bulan Juni 2022 dan telah didukung oleh 22 negara. Deklarasi ini selaras dengan Perjanjian Global tentang Pengungsidiadopsi oleh Negara-negara Anggota PBB pada tahun 2018.

Baca Juga:  Iberdrola Spanyol Memangkas Target Hidrogen Hijau

Dalam pidatonya di pertemuan tingkat menteri, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Filippo Grandi menyoroti kisah-kisah pribadi dan penderitaan ratusan ribu orang yang melakukan perjalanan jauh melintasi benua Amerika untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Di antara mereka adalah orang-orang yang dia temui selama kunjungannya baru-baru ini ke daerah perbatasan Dariรฉn yang berbahaya antara Panama dan Kolombia. Hampir 470.000 pengungsi dan migran melakukan perjalanan berbahaya ke sana pada tahun 2023 saja, menurut UNHCR, dan ratusan orang meninggal dalam perjalanan.

Kemajuan dan tantangan Grandi menekankan kemajuan signifikan yang dicapai oleh berbagai inisiatif untuk mengatasi kebutuhan mendesak para pengungsi dan migran di kawasan dan melaksanakan tujuan Deklarasi, serta mendesak peningkatan upaya dan koordinasi di antara semua pemangku kepentingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Dalam dunia olahraga, lex sportiva adalah sebuah asas bahwa olahraga memiliki hukum yang bersifat otonom, independen, dan berlaku secara universal. Maka dari itu, federasi olahraga berhak untuk mengelola...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist