Search

Alissa Wahid Soroti Koalisi Parpol: Lebih ke Transaksi Kekuasaan

Aulanews.id – Bangsa Indonesia beberapa bulan lagi menuju pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang. Masyarakat saat ini sedang dihadapkan pada hiruk-pikuk koalisi partai politik untuk mengusung capres dan cawapres 2024.

Menurut Alissa Wahid, koalisi partai politik di Indonesia saat ini kecenderungannya lebih ke transaksi kekuasaan tanpa mempertimbangkan paradigma politik ideologis. Karena menurutnya, paradigma politik akan menentukan kebijakan politik.

“Misal paradigma politik Gus Dur adalah keadilan dan kemanusiaan, maka mudah baginya untuk mengembalikan nama Papua dan menghentikan operasi militer, mengembalikan hak-hak kultural masyarakat Tionghoa, dan seterusnya,” kata Alissa Wahid, Senin (4/9/2023) lewat akun X-twitternya.

Sementara, lanjut Alissa, secara awam paradigma politik rezim Orde Baru adalah kestabilan politik atas nama kekuasaan mutlak, maka pendekatan opresif represif dihalalkan. “Maka warga ratusan desa di kawasan (calon) waduk Kedungombo pun diintimidasi dan alami kekerasan,” ungkap Ketua PBNU ini.

Dia juga mencontohkan politik di Amerika Serikat. Di AS, kata Alissa, partai Demokrat punya ideologi dan paradigma politik berseberangan dengan partai Republik. “Maka kebijakan-kebijakannya pun berbeda. Kebijakan luar negeri, ekonomi, dan lain-lain,” jelasnya.

Baca Juga:  Pertanyakan Netralitas Jokowi, Hasan Nasbi: Tak Perlu Khawatirkan Itu

Jadi kalau hari ini di Indonesia, imbuh Alissa, partai-partai politik asal berkoalisi tanpa pertimbangan ideologis. Menurutnya, hal itu bukan persatuan atau mencegah polarisasi. “Analisis saya, itu lebih ke transaksi kekuasaan. Dan itu akan masalah, karena kebijakan pemerintahannya nanti juga akan terpengaruh,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Meskipun banyak negara telah mengintensifkan upaya pemberantasannya, praktik ini terus berlanjut di seluruh dunia karena “sifat FGM lintas batas dan transnasional yang bersifat rahasia,” katanya. “Mutilasi alat kelamin...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist