Search

Akuntabilitas penting untuk melawan pelanggaran hak asasi manusia di DPR Korea

Aulanews.id – Dalam pembaruan lisan kepada Dewan Hak Asasi Manusia – badan hak asasi manusia terpenting di PBB – Wakil Komisaris Tinggi Nada Al-Nashif mengatakan bahwa DPRK (lebih dikenal sebagai Korea Utara) tidak menunjukkan tanda-tanda kepatuhan.

“Karena tidak ada indikasi bahwa Negara akan mengatasi impunitas, akuntabilitas harus dilaksanakan di luar Republik Demokratik Rakyat Korea,” dia berkata.

Hal ini pertama-tama harus dicapai melalui rujukan ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), atau penuntutan tingkat nasional sesuai dengan standar internasional berdasarkan prinsip yurisdiksi ekstrateritorial dan universal yang diterima,” desaknya.

Wakil kepala kantor hak asasi manusia OHCHR mencatat bahwa akuntabilitas non-yudisial adalah hal yang penting.

“Bersamaan dengan upaya akuntabilitas pidana, akuntabilitas non-yudisial sangat penting jika para korban ingin menerima keadilan dalam hidup mereka.”

Baca Juga:  Komitmen Pemimpin Agama Dunia Perkuat Pesan Kemanusiaan

Konsultasi luasIbu Al-Nashif mengatakan bahwa dalam mengembangkan strategi yang memungkinkan, OHCHR telah berkonsultasi secara luas pada tahun lalu dengan pejabat dan praktisi peradilan nasional dan internasional, pemerintah, pakar masyarakat sipil, dan akademisi.

Bulan lalu, misalnya, Kantor ini mengumpulkan para ahli di semua aspek akuntabilitas ke sebuah konferensi untuk membahas langkah-langkah ke depan dan praktik terbaik.

Hal ini mencakup jalur peradilan pidana dan pilihan tanggung jawab perdata serta bentuk akuntabilitas non-yudisial seperti pengungkapan kebenaran, peringatan, dan reparasi,” katanya.

Meningkatkan kesadaranWakil Komisaris Tinggi mengatakan OHCHR telah mendedikasikan sumber daya ekstra pada tahun lalu untuk meningkatkan kesadaran mengenai situasi hak asasi manusia di Korea Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Penderitaan juga bertambah dan kemungkinan akan menjadi lebih burukJustin Brady, kepala kantor bantuan kemanusiaan PBB, OCHA, di Sudan, memperingatkan UN News. “Tanpa sumber daya yang lebih banyak, kita...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist