Search

Adakah Cuti Bersama Idul Adha ? Ini Jadwal dari Pemerintah

Aulanews.id – Sebentar lagi umat Islam akan merayakan Idul Adha 2023 Masehi/1444 Hijriah. Pemerintah menetapkan hari libur nasional untuk memperingati momen ini.

Sebagai informasi, Idul Adha adalah hari untuk memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Ismail sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah SWT. Sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantikan Ismail dengan domba.

Umat islam merayakan Idul Adha dengan menyelenggarakan shalat Id pada pagi hari dan setelahnya menyembelih hewan kurban yaitu sapi, kambing dan unta.

Libur Idul Adha 2023
Lantas, kapan libur Idul Adha 2023 dan cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah?

Menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, libur Idul Adha 2023 jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Namun, pemerintah tidak mengadakan cuti bersama Idul Adha 2023.
Potensi Libur Idul Adha 2 Hari
Tahun ini, Hari Raya Idul Adha 2023 antara pemerintah dan organisasi keagamaan Muhammadiyah berpotensi berbeda.

Baca Juga:  KH Bahauddin Nursalim Jelaskan Ceramah Berbahasa Jawa

Muhammadiyah menetapkan Idul Adha 1444 H pada Rabu, 28 Juni 2023. Sementara, pemerintah, kemungkinan besar menetapkan lebaran haji pada Kamis, 29 Juni 2023.

Adanya potensi perbedaan itu, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muโ€™ti mengusulkan agar libur Idul Adha 2023 ditambah menjadi dua hari yakni pada Rabu (28/6) dan Kamis (29/6).
Abdul Muโ€™ti mengatakan, hal ini agar warga Muhammadiyah dapat melaksanakan shalat Id dengan tenang dan khusyuk.

โ€œJadi liburnya dua hari, yaitu tanggal 28 atau 29 Juni 2023. Saya kira yang pegawai negeri setuju itu,” kata Mu’ti.

Dalam hal ini, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, usulan Muhammadiyah agar libur Hari Raya Idul Adha 2023 dua hari, sudah disampaikan ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

BALIKPAPAN – Penerapan Video Assistant Referee (VAR) sudah diimplementasikan di tiga tempat dilangsungkannya babak Championship Series BRI Liga 1 2023/24. Ketiganya adalah di Bali United Training Center, Gianyar pada Selasa...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist