Search

Ada Keterwakilan Perempuan di Amirul Hajj Tahun Ini

Rapat persiapan keberangkatan delegasi Amirul Hajj 1444 H

Aulanews.id – Kementerian Agama telah menunjuk sejumlah tokoh yang tergabung dalam Amirul Hajj pada Penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 H/2023 M. Tim ini terdiri atas 13 orang dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebagai ketuanya, lalu enam perwakilan pemerintah dan enam perwakilan ormas Islam,

Untuk posisi wakil ketua diisi oleh Habib Hilal Al Aidit (PBNU). Sementara Sekretaris Amirul Hajj 1444 H adalah Saad Ibrahim (PP Muhammadiyah).

“Tahun ini, delegasi amirul hajj ada keterwakilan perempuan. Ini bagian dari apresiasi dan afirmasi kami untuk kaum perempuan, karena jamaah haji banyak yang perempuan,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, pada rapat Persiapan Amirul Hajj, dalam rangka kunjungan ke Arab Saudi menjalankan tugas misi Haji Indonesia, di Jakarta, Rabu (8/6/2023).

Baca Juga:  Harga Telur Terus Melambung, Jurang Kemiskinan Diprediksi Melebar Lebih Cepat

“Ini momentum menjadikan para ibu bisa menjadi Amirul Hajj,” sambung Menag Yaqut.

Rapat ini dihadiri para Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Agama, jajaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama, serta tim Amirul Hajj.

Menag Yaqut minta keterwakilan kaum Ibu menjadi Amirul Hajj ini menjadi tradisi dalam penyelenggaraan ibadah haji. Sebab, kata pria yang akrab disapa Gus Men ini, jamaah haji perempuan dari tahun ke tahun semakin banyak.

“Saya harap, seluruh delegasi Amirul Hajj bisa saling bekerja sama dalam bertugas untuk mengawasi pelaksanaan haji ini. Semoga semua tugas yang diamanahkan dapat dilaksanakan secara maksimal,” tandas Gus Men.

Baca Juga:  Siap Berkontribusi Dalam GKMNU, PP IPPNU Gelar Sosialisasi Kepada IPPNU Se-Indonesia!

Dirjen PHU, Hilman Latief menyampaikan bahwa Amirul Hajj akan diberangkatkan dari Jakarta menuju Saudi Arabia dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan berangka pada 19 Juni untuk bertugas hingga 6 Juli 2023. Sementara gelombang kedua berangkat pada 20 Juni untuk bertugas sampai dan 10 Juli 2023.

Aulanews.id – DAMRI bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menggelar kegiatan Donor Darah di SBU Trans DAMRI MAC, Klender, Jakarta Timur pada Kamis (18/4). Kegiatan Donor Darah dimulai pukul 09.00...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist