Search

Ada jalan keluar dari ‘jalan raya menuju neraka iklim’, tegas Guterres

Aulanews.id – Memilih Family Hall of Ocean Life yang ikonis di American Museum of Natural History di New York untuk menyampaikan permohonannya yang berapi-api untuk memahami solusi yang ada, António Guterres memperingatkan bahwa kita sedang berada pada “momen kebenaran”.

“Dalam hal iklim, kita bukanlah dinosaurus. Kami adalah meteornya. Kita tidak hanya berada dalam bahaya – kitalah bahayanya. Tapi kami juga solusinya.”

Mengutip laporan terbaru dari Layanan Perubahan Iklim Copernicus Komisi Eropa yang menunjukkan bulan lalu adalah bulan Mei terpanas dalam sejarah, Sekjen PBB mengatakan emisi global perlu turun sembilan persen setiap tahun hanya untuk menjaga batas kenaikan suhu 1,5℃ di atas tingkat pra-industri tetap hidup.

Baca Juga:  Berita Singkat Dunia: Martabat dan keadilan adalah kunci untuk mengakhiri kejahatan diskriminasi rasial, pembaruan emisi metana, berita terbaru Mpox, dorongan pembangunan perdamaian

Tahun lalu angkanya naik satu persen.

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) PBB juga melaporkan pada hari Rabu bahwa ada kemungkinan 80 persen batas 1,5℃ – target yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris pada tahun 2015 – akan terlampaui dalam lima tahun ke depan.

Kita sedang bermain rolet Rusia dengan planet kita”, kata Tuan Guterres. “Kita membutuhkan jalan keluar dari jalan raya menuju neraka iklim. Dan kebenarannya adalah – kita memiliki kendali atas kemudi.”

18 bulan untuk menyelamatkan duniaMundur dari tepi jurang “masih mungkin terjadi”, lanjutnya, tetapi hanya jika kita berjuang lebih keras. Itu semua tergantung pada keputusan yang diambil oleh para pemimpin politik selama dekade ini dan “terutama dalam 18 bulan ke depan.”

Baca Juga:  Serangan pembakaran yang 'keterlaluan' memaksa UNRWA menutup sementara kompleks Yerusalem Timur

“Kebutuhan akan tindakan terhadap perubahan iklim belum pernah terjadi sebelumnya, namun begitu juga dengan peluang yang ada – tidak hanya untuk mewujudkan perubahan iklim namun juga kemakmuran ekonomi dan pembangunan berkelanjutan,” jelas Guterres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo hadir pada acara Olympic Day 2024 di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (22/6) siang. Menteri Pemuda dan Olahraga...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist