Search

Ada-ada saja, Jemaah Haji Ketahuan Masukkan Kerikil dalam Koper

Ilustrasi jamaah haji keluar dari gerbang Bandara king Abdul Aziz Jeddah.

Aulanews.id, Jeddah – Gara-gara membawa banyak batu kerikil dalam koper bagasi, seorang jamaah dari embarkasi Jakarta harus berurusan dengan petugas Bandara Bandara King Abdul Aziz, Sabtu (8/6/2024).

Ihwal penemuan kerikil tersebut dari petugas yang melihat ada barang yang mencurigakan ketika melewati x Ray, selanjutnya koper jamaah haji tersebut diambil dan diamankan.

Setelah jamaah haji pemilik koper dipanggil dan dilakukan pembongkaran, ternyata ditemukan barang yang dicurigai adalah kerikil. Jamaah haji pemilik koper mengaku batu tersebut akan digunakan untuk melempar jumrah.

Terkait hal tersebut, pembimbing ibadah dari Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Bandara, yang waktu itu sedang bertugas, H Mulyoho mengungkapkan seharusnya jemaah tidak perlu membawa batu dari tanah air. Karena batu-batu tersebut sudah tersedia sangat banyak di Muzdalifah.

Menurutnya,, salah satu rangkain ibadah haji adalam melempar jumrah. Batu tersebut sudah tersedia, sehingga tidak perlu membawa dari tanah air.

Baca Juga:  Lepas Keberangkatan Kloter Pertama Jemaah Haji, Gusmen Berpesan Luruskan Niat, Jaga Kesehatan, dan Kesiapan Petugas

Jamaah haji disarankannya untu lebih fokus untuk menyiapkan diri terkait pelaksanaan ibadah lainnya, seperti amalan atau bacaannya. Sedangkan batu untuk melempar jumrah tidak perlu dibawa. Lebih baik koper diisi barang atau kebutuhan lain.

Sebelumnya, Kepala PPIH Arab Saudi Daker Bandara, Abdillah juga mengingatkan bahwa Pemerintah Arab Saudi ketat dalam hal barang bawaan para penumpang pesawat udara, khususnya jemaah. Salah satu yang selektif adalah barang bawaan yang dapat dianggap mempraktikkan syirik.

“Hindari barang bawaan yang aneh dan menimbulkan kecurigaan,” ujara Abdillah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro membuka acara Lari Gembira Bersama Olympians dalam rangka memperingati Hari Olimpiade...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist