Search

Acara Hari Laut Sedunia menyoroti tindakan segera untuk melindungi lautan

Aulanews.id – Sebuah video yang kuat ditampilkan untuk menggemakan tema tersebut, membangkitkan kedalaman baru, memperingatkan akan perlunya perlindungan segera dan memperingatkan bahwa tidak ada waktu untuk rasa berpuas diri yang “tidak terlihat dan tidak masuk akal”.

Dalam pernyataan yang memperingati Hari tersebut – yang secara resmi jatuh pada hari Sabtu – Sekretaris Jenderal PBB António Guterres mengatakan laut menopang kehidupan di Bumi dan permasalahannya pada dasarnya adalah ulah manusia.

“Perubahan iklim adalah hal yang penting memicu naiknya permukaan air laut dan mengancam keberadaan negara-negara berkembang kepulauan kecil dan penduduk pesisir“, dia berkata.

Bapak Guterres juga menyebutkan bahwa pengasaman laut menghancurkan terumbu karang, dengan suhu laut mencapai tingkat rekor yang menyebabkan kejadian cuaca ekstrem. Penangkapan ikan yang berlebihan dan faktor-faktor lain berkontribusi terhadap rusaknya ekosistem laut dunia.

Presiden Majelis Umum, Dennis Francis, menghadiri acara tersebut dan menyuarakan keprihatinan serupa mengenai kondisi lautan saat ini.

Baca Juga:  Teror baru di Gaza: makanan kaleng yang dijadikan jebakan bagi mereka yang tidak waspada

“Masih banyak yang harus dipelajari tentang lautan – dan, yang terpenting, cara membalikkan kerusakan yang terjadi pada sumber daya hayati kita yang berharga.”

Bapak Francis mengatakan bahwa laut adalah sekutu terkuat kita melawan perubahan iklim dan oleh karena itu “merupakan tanggung jawab kita bersama untuk mengambil tindakan yang benar – dan berkomitmen kembali untuk mengelola sumber daya laut yang berharga secara berkelanjutan – untuk memastikan ketersediaannya antargenerasi.”

Sekretaris Jenderal dan Presiden Majelis Umum mengatakan mereka mengharapkan refleksi dan tindakan menuju cara memulihkan dan melindungi lautan kita sebagai pertemuan KTT Masa Depan pada bulan September 2024 dan pendekatan Konferensi Kelautan PBB tahun depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro membuka acara Lari Gembira Bersama Olympians dalam rangka memperingati Hari Olimpiade...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist