Search

7 Tips Bermain di Luar di Tengah Polusi Udara Bagi Anak

Aulanews.id – Kondusi polusi udara yang memburuk belakangan jadi perhatian masyarakat. Kualitas udara yang buruk membuat para orang tua menjadi sangat was-was terkait kesehatan pernapasan buah hati. Mulai dari masalah kesehatan ringan, seperti batuk, pilek, atau salesma. Hingga yang berat, misalnya infeksi saluran napas atau ISPA hingga gangguan pernapasan dan masalah pertumbuhan di otak. Terlebih, anak-anak kerap melakukan aktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu, penting bagi para orangtua dan pengasuh untuk mengambil langkah-langkah untuk melindungi anak dari dampak buruk polusi udara.

Lantas, bagaimana tips mengatasi kesehatan anak di tengah kepungan polusi udara? Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

  • Rutin Selalu Cek Kualitas Udara

Kualitas udara bisa dicek melalui Air Quality Indeks.  Orang tua sebaiknya rutin memeriksa sebelum mengajak anak keluar rumah.

  • Selalu Kenakan Masker
Baca Juga:  Tips Agar Tidak Haus dan Lapar saat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan, Amalkan Doa Ini

Tips berikutnya, jangan sampai kamu melupakan pemakaian masker bagi si kecil. Memakai masker saat berada di luar ruangan bisa membantu mengurangi anak terpapar langsung polusi.

  • Hindari Aktivitas Fisik Berat di Luar Ruangan

Jika tingkat polusi udara tinggi, sebaiknya hindari aktivitas fisik berat di luar ruangan seperti bermain olahraga atau berlari. Aktivitas fisik dapat membuat anak lebih banyak menghirup udara berpolusi yang dapat berdampak buruk pada pernapasan mereka.

  • Perhatikan Gejala

Jangan lupa untik perhatikan setiap gejala pernapasan pada anak, seperti batuk, pilek, sesak napas, atau suara napas yang berbeda. Jika anak menunjukkan gejala-gejala tersebut, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Penuhi Kebutuhan Gizi Anak

Bukan hanya mencegah polusi masuk dari luar, orang tua juga harus mencegahnya dengan memberi perlindungan ekstra dari dalam. Cara terbaik adalah dengan memerhatikan asupan gizi anak. Pemberian makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan yang mengandung omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan sistem pernapasan anak. Nutrisi yang cukup dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap dampak buruk polusi udara.

  • Sering Minum Air Putih
Baca Juga:  Tips memahami materi pelajaran dengan cepat, Siswa sudah tau?

Air putih membantu menjaga kelembapan saluran pernapasan anak dan mengencerkan lendir yang mungkin terbentuk akibat polusi udara. Pastikan anak cukup minum air putih setiap hari.

  • Jangan Terlalu Lama di Luar Ruangan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah batasi waktu anak saat di luar ruangan, baik untuk bermain atau belajar. Selalu pantau kegiatan anak dan segera ajak ke rumah jika dirasa terlalu lama. Kamu juga bisa membuat kegiatan di rumah lebih nyaman, agar anak tidak terus tergoda untuk bermain di luar.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan laporan pada Pembukaan Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024 dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award, di Istana Negara (14/6/2024). (Foto: Humas Setkab/Rahmat) Gubernur...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist