Search

4.907 Jamaah Haji akan Laksanakan Tarwiyah

Aulanews.id – Sebanyak 4.907 jamaah haji Indonesia akan melaksanakan ibadah Tarwiyah. Direktur Bina Haji Ditjen PHU Kementerian Agama (Kemenag) Arsad Hidayat mengatakan, pemerintah saat ini setelah melakukan kajian mendalam tidak mungkin memfasilitasi kegiatan ibadah Tarwiyah.

“Kita punya pengalaman memberangkatkan 221.000 jamaah butuh waktu dari pagi sampai jam 12 malam. Itu hanya untuk memobilisasi dari Makkah ke Arafah. Kita tentu tidak bisa membayangkan mobilisasi ke dua tempat. Pertama ke Mina dulu untuk Tarwiyah kemudian jam 7 pagi memobilisasi jamaah ke Arafah,” jelas Arsad, Rabu (21/6/2023).

Untuk itu, lanjutnya, bagi jamaah haji yang tetap ingin melaksanakan Tarwiyah, kata Arsad, Kemenag meminta surat pernyataan berisi komitmen siap bertanggung jawab atas tindakannya tersebut. “Kepada siapa saja yang melakukan Tarwiyah kita meminta surat pernyataan berisi semacam komitmen bertanggung jawab terhadap apa-apa yang dilakukannya,” tegasnya.

Baca Juga:  UNRWA akan menyelidiki tuduhan 'beberapa' staf berperan dalam serangan 7 Oktober

Arsad menyebut, berdasarkan hasil pendataan hingga 16 Juni 2023, tercatat ada 4.907 jamaah haji yang memutuskan untuk melakukan Tarwiyah. Meski demikian jumlah tersebut masih dinamis dan ada kemungkinan berubah.

“Pendataan sudah dilakukan, kita buat google form ada 4.907 yang menyatakan dirinya Tarwiyah. Itu belum final, itu tanggal 16, kita tunggu sampai tanggal 7 Zulhijah. Ini masih dinamis angka itu, mungkin sebagian sudah ingin tapi berpikir lagi tidak jadi,” ungkap Arsad.

Meski tidak memfasilitasi, kata Arsad, pemerintah tetap mengambil peran dengan menempatkan petugas untuk melakukan pemantauan dan pengawasan. “Di sana kita ada beberapa tim, kita yang kita utus untuk melakukan monitoring semoga tidak ada apa-apa,” ucapnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri ajang Indonesia Sport Facility Expo (ISFEX) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Jumat (14/6). Menteri Pemuda...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist