Search

3 Konglomerat RI Bakal Investasi di IKN

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia saat ditemui setelah acara Rapat Kerja Nasional Hipmi di ICE BSD, Tangerang. (Foto: Kompas)

Aulanews.id – 3 konglomerat Indonesia dikabarkan bakal berinvestasi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). 3 konglomerat tersebut, yaitu Anthony Salim selaku pemilik Salim Group, Aguan selaku pendiri Agung Sedayu Group, dan Franky Oesman Widjaja selaku pemilik Sinar Mas. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia.

“Yang sudah masuk itu Pak Aguan, Pak Anthony Salim, kemudian Pak Franky Widjaja. Mereka sudah punya konsorsium,” ujarnya.

Dia memastikan konsorsium tersebut akan melaksanakan groundbreaking proyek di IKN pada September 2023.

“Bisa dong (direalisasikan September), bisa. Dikit lagi kok, dikit lagi,” kata dia.

Pasalnya, pada tahap pertama ini, pemerintah memprioritaskan investor dalam negeri untuk membangun sejumlah fasilitas umum, seperti hotel, taman, gedung, sekolah, rumah sakit, hingga mall.

Baca Juga:  5 Portal Berita Teratas Membongkar Hoax, Coba Ketik "Wamen" di Search Engine Google Akan Terkuak Faktanya !

Kendati demikian, pemerintah tetap membuka peluang bagi investor asing untuk ikut membangun IKN. Dia bilang, saat ini investor asing juga banyak yang siap menanamkan modalnya di IKN.

“Kita pengin investornya itu kalau bisa dari dalam negeri kita prioritaskan, luar negerinya juga sudah banyak. Tapi tahap pertama kita prioritaskan dalam negeri dulu,” tuturnya.

Sebelumnya, para konglomerat RI disebut akan melakukan groundbreaking proyek pada September 2023 untuk mengejar target bisa rampung sebelum Agustus 2024.

“Bulan September mereka sudah lakukan groundbreaking beberapa pembangunan seperti hotel, kemudian ruang pertemuan, juga restoran. Selesainya 2024 makanya kami kerja marathon nih,” ucap ujar Bahlil.

Dikutip dari laman Kementerian Investasi/BKPM, Bahlil telah mendampingi konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang dipimpin Aguan mengunjungi IKN pada 11 Agustus lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aulanews.id – Kiper PERSIB, Kevin Mendoza mengungkapkan kunci kemenangan timnya atas Bali United pada pertandingan leg kedua semifinal Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu 18 Mei 2024...

Kiai Bertutur

Sosial

Add New Playlist